Jelang Pilkades, Pemkab Klaten Masih Berembuk Tentukan Hari Libur

Gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Klaten akan berlangsung pada 13 Maret 2019 mendatang. Dalam pilkades yang akan diikuti 269 desa itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten masih berdiskusi untuk menentukan hari libur saat pencoblosan.

Hal itu disampaikan Bupati Klaten, Sri Mulyani usai bertatap muka dengan seluruh calon kepala desa (cakades) pada Sabtu (09/03/2019). Menurut Mulyani, hinggi kini pihaknya masih belum bisa menyampaikan kepastian libur atau tidaknya pada saat hari H pencoblosan. Sebab hal itu masih dalam pembahasan.

Penentuan libur atau tidaknya pada saat hari H pencoblosan dianggap penting. Sebab hal tersebut berkaitan dengan partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi di tingkat desa. Mengingat pilkades merupakan salah satu demokrasi yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Sehingga butuh partisipasi yang besar.

Sementara itu, Mulyani menjelaskan pertemuan dengan ratusan cakades ini berkaitan untuk pemantapan. Pihaknya mewanti-wanti kepada cakades agar tetap menjaga kondusifitas jelang pemilihan, mengingat jumlah desa yang mengikuti pilkades terbilang sangat banyak dan dikhawatirkan menimbulkan gesekan.

Sumber: Sorot Klaten

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.