Klaten Emang Keren! Ini Dia Empat Wisata Umbul Di Klaten Yang Bisa Kalian Kunjungi!

Konon katanya ada banyak umbul di Klaten, Jawa Tengah, seperti yang sudah terkenal lebih dahulu adalah Umbul Manten dan juga Umbul Ponggok. Bahkan umbul ponggok ini sudah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Klaten loh!

Namun, selain dua umbul yang sudah terkenal duluan itu, masih ada beberapa umbul di Klaten yang direkomendasikan untuk dikunjungi ketika kalian liburan di Klaten. Kira-kira, beberapa umbul yang lain itu apa saja ya? Baca aja sampai selesai, karena Klaten memang keren untuk liburan akhir pekan kalian.

Klaten Emang Keren! Ini Dia Empat Wisata Umbul Di Klaten Yang Bisa Kalian Kunjungi!

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten memang bukan kolam renang alami yang biasa. Karena di sini kalian bisa merasakan sensasi berenang bareng ikan air tawar yang berwarna-warni yang ada di Umbul Ponggok. Jadi kalau berenang di tempat wisata Klaten yang satu ini, kalian akan bisa merasakan sensasi menyelam bareng ikan air tawar.

Snorkelling di Umbul Ponggok juga bisa dilakukan dan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan snorkeling di lautan. Karena kolam renang alami di Klaten ini adalah sebuah sumber mata air alami yang begitu segar dan sangat jernih. Terlebih lagi, tidak ada arus atau ombak sama sekali di Kolam alami Umbul Ponggok ini.

Umbul Ponggok ini berada tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Lokasi kolam renang alami ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jika kalian datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Umbul Ponggok sendiri buka setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00 WIB.

2. Umbul Manten

Sekarang ini, ada satu wisata baru di Klaten, yang namanya dikenal dengan Umbul Manten. Dulu, Umbul itu banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk pengairan lahan pertanian, budidaya ikan air tawar, hingga yang baru-baru ini mulai ramai adalah umbul di Klaten ini digarap secara professional menjadi obyek wisata.

Umbul Manten sendiri masih belum dikelola secara professional layaknya tempat wisata di Klaten yang lain. Memang, namanya baru mencuat di Internet beberapa waktu belakangan ini. Namun, meski demikian, bukan berarti tempat wisata terbaru di Klaten ini nggak menarik ya!

Airnya yang bening, sejernih gelas kaca akan membuat siapapun terlena ketika berkunjung ke sini. Umbul Manten ini lokasinya berada di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Keberadaannya sendiri tidak terlalu jauh dengan Umbul Ponggok.

3. Umbul Nilo

Umbul Nilo, bisa dibilang adalah tempat wisata alami berupa umbul yang terletak di Desa Tulung. Berbeda dengan dua umbul yang sudah terkenal sebelumnya, Umbul Nilo ini memiliki daya tarik yang unik untuk para penikmatnya.

Lokasi Umbul Nilo cukup tersembunyi dan masih ada sedikit penunjuk arah menuju lokasi Umbul Nilo. Umbul yang satu ini memang masih sangat alami. Konon katanya, Umbul yang satu ini memiliki kualitas air yang paling bersih dibanding semuanya. Namun pastinya sih semua umbul di Klaten pasti airnya jernih dong ya?

Kejernihan air di Umbul Nilo dengan satu kolam utama ini memang tak diragukan lagi. Saking jernihnya, Batu-batuan koral yang ada di dasar kolam dapat terlihat dengan jelas. Di sini juga terdapat ikan Nila yang ikutan berenang di dalamnya. Mungkinkah karena keberadaan Ikan Nila yang ada di kolam ini sehingga kemudian disebut dengan Umbul Nilo?

Entahlah, namun yang jelas kesegaran umbul ini nggak bisa ditolak untuk dijajal. Untuk yang mau bermain air, di sini juga disewakan ban dalam untuk menambah keseruan berlibur ke Umbul Nilo. Nah, jadi sudah tertarik untuk main ke salah satu umbul di Klaten ini? Untuk masuk ke Umbul Nilo, kalian hanya perlu membayar IDR 5.000 per orang dan parkir IDR 2000 saja.

4. Umbul Cokro

Tempat ini dikenal dengan nama wisata Umbul Cokro. Sebuah wisata air Di Klaten yang menempati area seluas 15.000 meter persegi. Lokasinya persis berada di tepi aliran Kali Busur di Kecamatan Tulung, Klaten. Jika kalian ingin liburan ke tempat wisata Umbul Cokro, kalian bisa menuju ke sana dengan mudah. Lokasinya kurang lebih berada 15 km di samping barat Kota Solo. Untuk menuju ke salah satu umbul di Klaten ini kalian bisa datang melewati jalur Solo-Kartosuro-Cokro.

Umbul Cokro juga dikenal dengan Waterboom Cokro oleh masyarakat setempat. Sebagai wisata air di Klaten, Umbul Cokro memiliki fasilitas yang lengkap seperti water sliding, kolam, dan taman air. Kolam pemandian yang ada di sini adalah menggunakan sumber mata air Cokro yang berada tak jauh dari sana.

Untuk masuk ke tempat wisata Umbul Cokro kalian harus membayar tiket masuknya yang seharga IDR 11.500 per pengunjung pada hari libur. Sementara itu, pada hari biasa, kalian hanya perlu membayar IDR 7.500 saja. Harga yang tak terlalu mahal untuk bisa menikmati suasana segar nan rindang di Umbul Cokro.

5. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler dulunya dipercaya sebagai tempat pemandian putri yang sampai sekarang juga masih digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Seperti kebanyakan umbul di Klaten yang lain, bagian Dasar umbul ini masih berupa batu dan tanah. Umbul Kapilaler ini berada tak jauh dari sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan untuk air minum.

Ukuran Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar namun lokasinya sangat nyaman. Lokasi Umbul Kapilaler ini berada di bawah rerimbunan pohon beringin lengkap dengan batuan besar di tepinya.

Karena tempatnya yang sejuk dan segar ini, pasti bisa membuat kalian betah untuk berlama-lama liburan di tempat ini. Apalagi di Umbul Kapilaler ini tidak dipungut tiket untuk menikmatinya. Jadi bisa dibilang kalau liburan di umbul ini adalah gratis. Umbul ini berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo.

6. Umbul Jalatunda

Kalian mau merasakan sensasi berenang di kolam pemandian yang luas ditemani ikan-ikan kecil lucu? Yak, selain Umbul Ponggok kalian juga bisa mencobanya di Umbul Jalatunda! Konon Umbul Jalatunda ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1924. Dan sampai sekarang ini masih belum banyak mengalami perubahan.

Di Umbul yang satu ini terdapat beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Pada masing-masing kolam dipisahkan dengan dinding batu sebagai sekatnya. Umbul di Klaten yang satu ini lokasinya terletak di Kecamatan Jatinom, tepatnya sekitar 10 kilometer utara Kota Klaten. Untuk bisa menikmati kesegaran air Umbul Jalatunda, kalian hanya perlu membayar tiket retribusi senilai IDR 3.000. Nggak mahal!

Sumber: Libur Mulu

(Visited 127 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.