Klaten Siapkan Gelaran Akbar Klaten Lurik Carnival

Mulai besok (Kamis, 28/07/2016) hingga 27 Agustus mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan menggelar serangkaian acara akbar dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-212 Kabupaten Klaten dan HUT RI Ke-71.

“Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara HUT Kabupaten Klaten ke-212 di Alun-Alun Klaten dilanjutkan ziarah ke Makam Kiai Melati dan Makam 3 mantan Bupati Klaten,” kata Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten Ke-212 dan Peringatan HUT RI Ke-71 yang juga Asisten Bidang Pemerintahan Setda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho saat jumpa pers di Ruang Rapat B 1 Setda Klaten, Rabu (27/07/2016).

Bambang Sigit menyampaikan selain digelar di Alun-Alun Klaten, upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten Ke-212 juga diadakan di masing-masing kecamatan. “Semua peserta upacara berpakaian kejawen. Lain dari 2015, upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten Ke-212 juga dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui Kabupaten Klaten berusia 212,” jelasnya.

Bambang menjelaskan ada 23 kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten Ke-212 dan HUT RI Ke-71 diantaranya upacara, ziarah ke makam Kiai Melati dan 3 mantan Bupati Klaten, sepakbola mini, lomba geguritan, mendongeng, melukis, keroncong, pop singer, wayang kulit, pengukuhan paskibraka, klaten lurik carnival/pawai budaya, pagelaran kethoprak, karnaval pembangunan/mobil hias.

Lebih lanjut, khusus acara yang digelar melibatkan partisipasi masyarakat adalah Klaten Lurik Carnival pada 18 Agustus. Acara Klaten Lurik Carnival selain menggunakan dana APBD Klaten juga disupport dari Kementerian Pariwisata sebesar Rp 500 juta.

“Klaten Lurik Carnival akan dimulai pukul 14.00 WIB dan digelar di sepanjang Jalan Pemuda mulai dari Monumen Juang 45 hingga depan BRI,” terangnya.

Sumber: Sorot Klaten

(Visited 18 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *