Musancab 5 PAC Deadlock

Dari rangkaian musyawarah anak cabang (Musancab) 26 pengurus anak cabang (PAC) di Klaten, lima PAC yang mengalami deadlock yakni Delanggu, Juwiring, Kebonarum, Bayat, dan Kalikotes. Dalam musancab yang berlangsung beberapa waktu lalu itu terjadi kebuntuan, karena tidak tercapai kesepakatan.

Masalah tersebut sudah dilaporkan ke DPD PDIP Jateng. DPD sudah menindaklanjuti dengan mengeluarkan instruksi kepada DPC PDIP Klaten. Surat tersebut berisi petunjuk agar DPC segera menjadwalkan ulang pelaksanaan musancab di lima PAC itu.

Ketua DPC PDIP Klaten Sunarna mengatakan, musancab lima PAC yang sebelumnya mengalami deadlock akan dilaksanakan mulai pekan depan. Musancab PAC Juwiring di Kantor Desa Ketitang, Rabu (27/5), dipimpin Aris Prabowo, Wakil Ketua DPC PDIP. Pada acara itu, Suwondo terpilih sebagai Ketua PAC.

Namun musancab tersebut dinilai melanggar SK DPP PDIP No 066/TAP/DPP/XI/2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Musancab, Muscab, dan Musda.

Gejolak terjadi karena pimpinan sidang tak bisa menunjukkan surat mandat dari DPD.

Setelah terjadi gejolak di Juwiring, Musancab PAC Delanggu yang rencananya akan digelar berikutnya pun akhirnya dibatalkan.

Menjadi Perhatian

Dikatakan Sunarna, masalah tersebut menjadi perhatian serius DPD PDIP Jateng. Mereka akan segera turun tangan untuk menyelesaikan masalah reorganisasi yang dilakukan menjelang pelaksanaan Pilkada 2015.

DPC PDIP sudah menerima laporan terkait pelaksanaan musancab dua PAC tersebut. Masalah itu juga sudah dilaporkan ke DPD, dan DPC bersikap menunggu instruksi. Semua proses musancab akan dilakukan sesuai mekanisme di partai, agar tidak terjadi gejolak.

‘’Saya minta para kader dan pengurus partai menahan diri, agar hubungan antarstruktur partai tetap harmonis. Jangan mengedepankan ego. Kita ini keluarga besar PDIP, jadi pengurus partai itu bukan jabatan tapi amanah. Ingat, sebentar lagi akan menghadapi pilkada,’’ kata Wakil Ketua Bidang Pengorganisasian DPC, Joko Purnomo, Jumat (29/5).

Sumber: Suara Merdeka

(Visited 38 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.