Peringati HUT Ke 62 RSJ Klaten Gelar Pameran Karya Rehabilitan

Memperingati HUT ke 62 Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD)  Dr. RM Sedjarwadi, Klaten digelar pameran hasil karya Rehabilitan di halaman rumah sakit setempat, Minggu (30/8/2015).

Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Klaten, dr. Kuncoro mengatakan, kegiatan bertema “Menghargai Rehabilitan orang dengan gangguan jiwa sebagai manusia utuh yang mampu berkarya” itu sebagian menampilkan hasil karya para rehabilitan rumah sakit tersebut.

Diterangkan dr. Kuncoro, karya-karya yang ditampilkan dalam pameran itu antara lain hasil keterampilan rumah tangga, seperti tempat tisu, bantal guling, keramik hias, batik tulis, hasil pertukangan, dan sebagainya.

Kegiatan pameran hasil karya rehabilitan ini, menurut dr. Kuncoro, merupakan agenda tahunan dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan jiwa masyarakat, utamanya para rehabilitan agar bisa kembali hidup normal di masyarakat.

“Dengan kegiatan ini kami ingin membuktikan kepada semua pihak, termasuk keluarga pasien, bahwa para penyandang gangguan jiwa itu kalau direhabilitasi mental dan sosialnya dengan baik bisa kembali beraktifitas dengan baik”, Ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut dr. Kuncoro juga berharap kepada seluruh masyarakat agar tidak mengucilkan para penyandang gangguan jiwa, namun justru mendorong mereka untuk tetap bersemangat dan berkarya.

“Kami berharap masyarakat jangan lantas mengucilkan para penyandang gangguan jiwa, tapi tolong perlakukan mereka dengan baik,” terangnya di sela-sela kegiatan pameran.

Sementara itu salah satu peserta pameran batik tulis dari Sukoharjo, Riko Widiyanto mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan itu karena bisa memamerkan karyanya untuk lebih mengenalkan batik tulis kepada masyarakat.

Sumber: RRI

(Visited 40 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.