TMMD Prioritaskan Pembangunan Jalur Evakuasi di Klaten

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 96 tahun 2016 yang berlangsung 3 Mei hingga 1 Juni, di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang mengutamakan pembangunan jalan lingkar evakuasi baru.

Hal itu berkaca pada pengalaman tahun 2010 dimana banyak korban karena berebut jalan.

Kades Panggang Nandang Nuryanto berujar, berdasarkan pengalaman tersebut ia kemudian mengusulkan pembukaan lahan yang akan dibeton sebagai jalan evakuasi. Menurutnya pada proses erupsi Merapi silam, jalan yang digunakan hanya satu.

“Kami babat alas antara warga dan tentara pada pra TMMD kemarin. Jalan baru yang akan dibeton pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa diharapkan sebagai jalan alternatif yang dapat digunakan sewaktu-waktu jika terjadi erupsi. Hal itu diharapkan dapat mempermudah sekaligus meminimalisir jatuhnya korban,” katanya, Kamis (28/4/2016) di aula Kodim 0723/Klaten.

Ia mengatakan, jalan lama sudah tidak memadai lagi jika digunakan sebagai jalur evakuasi. Menurutnya, sewaktu erupsi 2010, banyak pula warga dari Yogyakarta yang melewatinya untuk menyelamatkan diri. Oleh karena pihaknya mengusulkannya pada program TMMD Regular ke 96.

Adapun, panjang jalan lingkar evakuasi yang akan dibeton memiliki panjang 1.595 meter, dengan lebar 3 meter dan ketebalan 0,1 meter.

Sumber: Jogja Tribun News

(Visited 24 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *